Disperindag

Disperindag: Sorong Merupakan Pusat Industri Papua Barat

Manokwari – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Provinsi Papua Barat, George Yarangga, mengatakan, wilayah Sorong merupakan pusat industri di provinsi itu.

“Industri migas maupun non migas di Provinsi Papua Barat semua terpusat di Sorong,” kata George Yarangga, kepada Antara di Manokwari, Rabu (26/8).

Dia mengatakan, Kabupaten Sorong terdapat berbagai perusahaan minyak dan gas bumi. Sedangkan di Kota Sorong terdapat berbagai perusahaan perikanan laut dan Kabupaten Sorong Selatan terdapat perusahaan industri sagu terbesar di Papua.

Salah satu potensi industri nonmigas yang sangat menonjol di Provinsi Papua Barat adalah perikanan laut. Ada beberapa perusahaan perikanan terbesar di Kota Sorong, yakni PT Kurnia, PT IMPD, PT Citra Raja Ampat dan PT Mina Lestari.

Ia menyampaikan, lima perusahaan industri perikanan itu terpusat di Kota Sorong namun wilayah penangkapan di perairan Raja Ampat, Kaimana, dan Laut Arafura.

Perusahaan perikanan tersebut, katanya, mengekspor hasil tangkapan mereka ke beberapa negara Asia antara lain Tiongkok dan Jepang serta negara-negara Eropa.

George Yarangga menjelaskan, semua perusahaan perikanan yang beroperasi di Kota Sorong tersebut hanya mengekspor hasil tangkapan yang belum diolah ke luar negeri.

Dia berharap perusahaan perikanan tidak hanya mengekspor hasil tangkapan yang belum diolah, tetapi juga yang diolah sehingga ada nilai tambah dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat di daerah itu.

Sumber: Antara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close