Disperindag

Membangun Papua Barat

KAWASAN infrastruktur sudah mulai tertata dan bisa dinikmati warga Papua Barat. Kini, setelah infrastruktur berjalan maka yang harus dipersiapkan adalah sumber daya manusia secara baik, sehingga sehingga kedepan para pemimpin di Papua betul-betul memimpin dengan baik hingga bisa sejajar dengan daerah lain.

Oleh sebab itu, diperlukan peran aktif dari putra-putra asli daerah Papua Barat untuk bisa membangun daerahnya sendiri.

“Dengan memanfaatkan potensi unggulan kita yang ada di daerah ini merupakan program yang disinergikan bersama untuk membangun sesuai komoditas kita sehingga tidak tergantung ke barat,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Papua Barat, George Yarangga, APi, MM.

George Yarangga, APi, MM

Sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), George mengungkapkan perekonomian di Papua Barat lambat laun menunjukkan perubahan nyata. Hal ini bisa dilihat dari daya beli masyarakat Papua Barat cukup baik.

“Pendapatan perkapita lambat laun makin diperbaiki. Sektor swasta juga mulai.ambil perannya sehingga pendapatan per kapita masyarakat makin membaik dan pengaruh terhadap daya beli yang menguat hal ini dapat di buktikan dgn jumlah produk barang dan jasa sudah mulai marak di daerah,” ujar pria kelahiran Biak, 18 Oktober 1969.

Putra asli daerah Papua ini sudah sejak 2013 menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Papua Barat. Itulah mengapa ia sangat optimis Papua Barat bisa maju, sama seperti daerah lain.

Abdi negara yang juga pernah menduduki posisi Pejabat Bupati Kaimana periode 2015-2016 atau sekitar lima bulan ini, selalu mengupayakan sektor perdagangan di Papua Barat maju dan berkembang.

Bahkan, ayah dari empat orang anak ini membuat banyak program demi meningkatkan kualitas pengawasan secara terpadu. Bersama dengan tim stakeholder yang berhubungan dengan pengawasan, pria yang juga pernah menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan pada 2007 ini lebih mengedepankan pembinaan bagi pelaku usaha.

Bagi para pelaku usaha yang dengan sengaja melakukan pelanggaran-pelanggaran akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku atau penindakan hukum. Ini karena Dinas Perindag mempunyai Petugas Pengawas Barang dan Jasa (PPBJ) dan Petugas Pengawas Tertib Niaga (PPTN), serta Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Hal ini merupakan penajaman program perlindungan konsumen yang akan dilakukan oleh Pemprov Papua Barat.

“Sesuai dengan visi misi Gubernur menjadikan Papua Barat aman, sejahtera, dan bermartabat, maka siapapun yang tinggal di sini harus mencintai dan membangun Papua. Karena Indonesia kalau kita lihat itu ada di Papua, semua suku ada,” ucap suami dari Jacquline Maspaitella ini.

George pun percaya kesuksesan bukan sesuatu yang diterima begitu saja tanpa campur tangan Tuhan tidak akan bisa ia dan Papua Barat sampai seperti sekarang. Adv

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close